13 June 2013

Friend 4 Share


Kezia diam dan termenung. Saat ini dia sedang memikirkan tentang persahabatan, sebuah topik yang selalu mengganggu pikirannya akhir-akhir ini. Dia merasa tidak ada seorangpun yang benar-benar menjadi temannya. Seseorang yang selalu dapat menjadi tempat berbaginya saat dia sedih maupun dia senang. Seseorang yang selalu dapat memberikan bahunya saat dia sedang tak kuat menghadapi hidup ini. Dia selalu merasakan kesepian. Kezia berpikir padahal dia punya banyak teman (maklum dia cukup terkenal di sekolahnya), namun mengapa dia merasakan perasaan sepeti itu.

“Hey non, kenapa bengong ?” tanya Liana

“Kak, aku lagi sedih.”  ucap kezia kepada kakak semata wayangnya ini.

“De, apa yang sih yang bikin kamu sedih ?”

“Aku ngerasa aku ga punya temen ka.”

“Kenapa kamu bisa mikir kaya gitu ?”

“Emang di sekolah aku punya banyak temen. Aku juga bukan orang yang kuper, tapi aku selalu ngerasa kesepian. Ga ada seorangpun yang selalu ada di saat aku butuh.” Lanjut Kezia, “Ga ada seorangpun yang bisa menuhin kriteria yang aku punya tentang seorang sahabat.”

“Emang menurut kamu, sahabat yang kamu mau tuh seperti apa sih ?”

“Aku mau dia slalu ada buat aku. Waktu aku lagi pengen maen, aku pengen bisa ajak dia. Waktu aku lagi sedih, aku pengen dia ada di sebelah aku dan nenangin aku. Pokonya tiap kali aku butuh, dia harus slalu ada.”

“Emang, temen-temen kamu yang sekarang kaya gimana gitu ?”

“Lena & dian ga ada saat aku butuh. Aku slalu sendiri saat aku lagi sedih. Aku ga bisa sharing kesedihan aku sama mereka. Koq rasanya waktu aku sedih, ga ada seorangpun di antara mereka yang sms atau telpon nanyain kabar aku gimana.” lanjutnya, “Waktu aku pengen maen dan aku ajakin mereka, mereka bilang ga bisa dan ada acara laen.”

“Coba sekarang kakak tanya sama kamu, kamu ada ga saat lena butuh ? Waktu dian sedih, kamu tau ga ?”

“Ga tau ka. Aku ga peduli. Buat apa aku ada buat mereka, kalo mereka sendiri ga ada buat aku ?”

“Nah, itu masalahnya de. Sahabatan itu bukan soal apa yang kamu mau, mau, dan mau. Bukan tentang keinginan kamu yang dapat dipenuhi seluruhnya oleh teman-teman kamu. Kalo gitu kamu egois dan ga akan ada yang mau temenan sama orang yang egois.” Lanjut Liana,” Tapi sahabatan itu bicara tentang give and take. Dan itu harus dimulai dari diri kamu dulu. Kalo kamu pengen mereka slalu ada buat kamu, kamu harus lebih dulu ada buat mereka.”

“Oh, iya juga ya. Aku jadi inget, waktu papa lena meninggal, aku ga ada buat dia. Padahal kan itu pasti saat tersedihnya. Trus waktu dian putus, aku malah cuek aja seolah-olah ga ada apa-apa. Berarti selama ini aku uda salah dan ga jadi sahabat yang baik buat mereka” Lanjutnya, “Tapi gimana ka kalo aku uda slalu ada buat mereka tapi mereka tetep slalu ga ada saat aku butuh ?”

“Ya, balik lagi de, sahabat yang bener-bener slalu ada buat kamu, ya Tuhan Yesus. Waktu kamu ngerasa kesepian, cari Dia. Waktu kamu ngerasa sedih dan ga ada seorangpun yang bisa kamu jadiin tempat bersandar, bersandar dan menangis sama Dia. Cuma Dia yang bisa bikin kamu puas.”

“Ok deh kak. Aku uda ngerti sekarang.” Ucap Kezia dengan wajah puas

“Emang apa yang kamu ngerti ?”

“Ya, kalau sahabat itu give and take. Kalau kita mau punya sahabat yang baik, kita harus terlebih dulu menjadi sahabat yang baik buat mereka.”

“Trus gimana kalau kamu uda jadi sahabat yang terbaik buat mereka, tapi tetep aja mereka ga bisa kasih yang terbaik buat kamu ?” Tanya Liana kepada adik semata wayangnya ini.

“Ya, aku harus ingat kalau ga ada manusia yang sempurna sama seperti aku juga tidak sempurna. Dan Cuma Tuhan Yesus yang akan slalu ada tiap waktu sama aku. Jadi, aku bisa curhat sama Dia kapanpun dan dimanapun.” Ucap Kezia dengan wajah berbinar-binar.

“Nah, gitu dong. Itu baru Kezia, adikku yang tercinta.”

“Iya kak. Makasih ya. Aku bersyukur pada Tuhan punya kak Liana sebagai kakakku.”

***

Dipublikasikan di Heaven’s Wind 21st Edition

No comments: