13 June 2013

I'm sorry Mom...



“Guys, hari ini kita pergi maen yuk.” Ajak Keyla pada teman-temannya.
“Emang kita mau maen kemana ?” Tanya Lia
“Ya, biasalah. Cuci cuci mata di IP. Siapa tau ada model baju yang baru.” Ucap Keyla
“Yuk, uda dua minggu nih kita ga shopping.” Ucap Lia dengan penuh semangat
“Iya, gw juga mau liat ke Carla, siapa tau ada yang lagi didiskon.” Ucap Celia
***

Mereka berjalan memasuki Istana Plaza dan melihat-lihat ke Showroom-showroom yang menjual pakaian dan aksesoris remaja. Lia, Keyla dan Celia adalah tiga sahabat yang memiliki hobi yang sama, yaitu belanja. Tiap dua minggu sekali sehabis pulang sekolah, mereka selalu menyempatkan diri pergi ke mall untuk window shopping.
“Cel, baju ini cocok banget deh sama kamu.” Ucap Lia
“Iya, Cel. Kamu keliatan  lebih kurus kalau pake baju model gini.” Ucap Keyla menambahkan
“Iya, ya. Bagus banget. Apalagi kalau dipadanin sama rok ini. Wah, gw pasti keliatan langsing banget.” Lanjut Celia, “gw mau beli deh. Kalian jadi pada beli kan ?”
“Ya dong kita pasti jadi beli.” Ucap Lia disertai anggukan Keyla.
***

Di Food Court IP…
“Wah, ada bbm dari Alvin.” Lanjut Lia dengan senang, “Dia bilang mau ngajak gw pergi sabtu ini.”
“Wah, seneng banget dong Li.” Ucap Celia
“Iya, seneng banget. Sejak ada BB, gw jadi bisa semakin deket sama Alvin. Seneng banget deh.”
“Ya, gw juga sejak ada BB, jadi bisa kontak terus sama bokap nyokap. Pokonya sejak ada BB, jadi lebih connecting deh sama orang laen.” Ucap Keyla
“Kapan dong loe beli BB, Cel ?” Tanya Lia tiba-tiba
“Gw juga pengen sih. Tapi lagi ga ada uang...” Ucap Celia
“Ya, minta dong ke nyokap loe. Masa sih buat anak tunggalnya, nyokap loe ga mau beliin.”
“Iya Cel. Jadi kan kita bisa ngobrol terus walaupun kita lagi ga bareng.” Ucap Keyla
“Lagian zaman gini masa ga punya BB. Ga Hi-tech banget deh.” Lanjut Lia, “Lagian loe perhatiin temen-temen sekelas kita, ampir semua uda pake BB. Masa loe ga pake sih.. Ga gaul banget sih.”
***

“Cel, kamu beli baju lagi ?” Tanya mama Celia
“Iya, ma.”
“Bukannya baru 2 minggu yang lalu kamu beli baju. Buat apa beli lagi. Yang kemarin dibeli juga kan belum dipake.”
“Ya, ga apa-apa dong ma. Kan buat cadangan.”
“Ma, beliin aku BB.” Ucap Celia
“Buat apa BB ? Kamu kan uda punya handphone yang dikasih sama Tante Dian waktu kamu ulang tahun kemaren ?”
“Tapi aku mau BB ma. Temen-temen aku pada beli BB. Jadinya kan mereka bisa ngobrol terus dan banyak fasilitas lainnya yang ga ada di handphoneku ini.”
“Tapi kamu tau kan mama ga punya uang untuk beli BB. Sejak papa kamu meninggal, untuk sekolah dan makan kita sehari-hari saja mama harus kerja banting tulang. Tolong dong ngertiin keadaan keluarga kita.” Ucap Mama Celia dengan memohon
“Tapi ma, aku pengen beli BB.” Ucap Celia dengan setengah memaksa
“Mama ga bisa beliin kamu BB. Kamu ngerti ga sih mama omongin sekali. Udah pake dulu handphone yang ada. Kamu tuh hidup foya-foya aja. Inget Cel, mama kamu tuh bukan orang kaya. Kamu tuh harus hidup hemat.”
“Ya, ceramah lagi deh. Mama ga mau beliin aku BB, ya uda ga apa-apa.” Ucap Celia
“Kamu tuh ya kalau dibilangin malah ngelawan.” Lanjut Mama Celia, “Mama sedih punya anak yang suka ngelawan. Kapan sih Cel kamu bisa nurut sama mama.”
“Aku juga sedih kenapa papa meninggal. Kenapa aku harus dilahirin di keluarga miskin seperti ini.” Ucap Celia sambil meninggalkan ibunya yang mengurut-urut dada melihat kelakuan anak semata wayangnya ini.
***

2 minggu kemudian…
“Cel, kamu dipanggil ke ruang kepala sekolah tuh.” Ucap Lena, salah seorang teman sekelasnya
“Ada apa Len ?” Tanya Celia dengan wajah bingung. Sebelumnya dia tidak pernah dipanggil ke ruang kepala sekolah.
“Wah, ga tau Cel.”
“Ok. Thanks ya Len.” Ucap Celia sembari pergi meninggalkan Lena dan menuju ke ruang kepada sekolah

Tok..tok..tok..
“Ya masuk.” Ucap suara dari dalam
“Maaf pa, apa bapak memanggil saya ?” Tanya Celia
“Masuk Cel, mari duduk di sini.” Lanjut Pa Hari, “Cel, tadi ada telepon dari rumah sakit, katanya mama kamu masuk rumah sakit. Sekarang kamu ke kelas dan bereskan tas kamu. Bapak akan antar kamu ke rumah sakit.”
***

Oh, Tuhan ada apa dengan mama ? Kenapa mama bisa masuk rumah sakit. Oh Tuhan, semoga mama tidak apa-apa, Ucap Celia dalam hati. Sejak pertengkarannya dengan mamanya dua minggu yang lalu, Celia jarang melihat mamanya di rumah. Seringkali mamanya pulang larut malam dan pulang dengan wajah lelah. Namun, karena masih kesal dengan mamanya Celia tidak terlalu memperdulikan hal itu.
Begitu sampai di rumah sakit, Pa Hari dan Celia langsung menuju meja informasi untuk menanyakan tempat mama Celia dirawat. Setelah mereka mendapat informasi itu, mereka segera menuju kamar yang disebutkan. Kebetulan pada saat mereka menuju kamar mama Celia dirawat, mereka bertemu dengan dokter yang baru saja keluar dari kamar mama Celia.
“Permisi Dok, apakah dokter yang merawat Ibu Seline ?” Tanya Pa Hari
“Ya benar.”
“Dok, bagaimana keadaan ibu Seline dan apa penyakitnya ?”
“Maaf, apakah anda keluarganya ?”
“Bukan dok, tapi ini anaknya.” Ucap Pa Hari
“Begini pa, ibu Seline terkena stroke. Untung saja keburu dibawa kesini karena kalau terlambat sedikit saja mungkin ibu anda sudah meninggal.”
“Memang kenapa ibu Seline bisa terkena stroke ?”
“Menurut orang yang mengantarkan ibu Seline, beliau jatuh di WC saat dia sedang bekerja.” Lanjut Dokter, “Salah satu penyebabnya adalah dia stress dan kelelahan. Selain itu juga tekanan darahnya juga cukup tinggi”
“Apakah mama bisa sembuh dok ?” Tanya Celia dengan wajah sedih
“Untuk seseorang yang terserang stroke, dibutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhannya. Makanannya harus dijaga, juga jangan dibiarkan sampai mendapat tekanan.” Lanjut Dokter, “Baik, saya izin pergi dulu.”
“Terima kasih dok.” Ucap Pa Hari
          Pa Hari dan Celia masuk ke kamar tempat ibu Celia dirawat. Ibu Celia sedang tertidur lemah di ranjang rumah sakit.
“Cel, bapak tinggalin kamu ya. Bapa harus kembali ke sekolah.”
“Iya pa. Terima kasih sudah mengantarkan saya kemari.”
***

Di dalam kamar rumah sakit…
Celia teringat kelakuannya yang buruk pada ibunya selama ini. Seringkali dia menyakiti hati ibunya dengan sikapnya yang kasar. Dia tidak dapat menerima keadaan ekonomi keluarganya yang pas-pasan. Dia lebih memilih ikut memiliki gaya hidup seperti teman-temannya yang kaya. Dia sering meminta kepada ibunya benda-benda yang sebenarnya tidak terlalu dia butuhkan.
“Ma, bangun dong.” Ucap Celia sambil menangis
“hikhik…  Ma, maafin aku. Ma, jangan tinggalin aku sendiri. Mama harus sembuh. Aku janji kalau mama sembuh aku ga akan nakal lagi. Aku mau nurut sama mama. Aku ga akan bikin mama marah lagi. Aku ga mau BB. Aku ga mau jadi anak orang kaya. Aku Cuma mau mama sehat lagi. Maafin aku ma. Selama ini aku uda jadi anak yang durhaka.” Ucap Celia di sela-sela tangisannya.

Tuhan, ampuni aku yang uda jadi anak durhaka. yang selalu mau menang sendiri, egois, hidup berfoya-foya. Ampuni aku Tuhan yang uda bikin mama stress karena melihat tingkah lakuku yang menjengkelkan. Aku janji ga akan jadi anak yang kaya gitu lagi.Tuhan, tolong sembuhkan mama. -- *Lucy1188*--



Anak seperti apakah selama ini ?? Apakah anak yang selalu menyusahkan orang tua ? Membuat mereka pusing karena kelakukan kita ? Selama mereka masih hidup kita harus menyayangi dan menghormati mereka. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari saat mereka sudah tidak ada. Ingatlah sebagai seorang anak dan sebagai anak Tuhan kita harus menjadi anak yang sayang dan menghormati orang tua kita. Karena itulah yang diperintahkan dalam firman Tuhan, “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20 :12)

Dipublikasikan di Heaven’s Wind Magazine 23th Edition

No comments: