13 June 2013

Hati-hati gunakan Twittermu..



            Ada yang aneh dengan kelakuan Debby akhir-akhir ini. Dia bisa tersenyum dan tertawa-tawa sendiri tapi di waktu yang tidak jauh berbeda dia bisa tiba-tiba cemberut dan marah-marah. Jangan pikir kalau dia tiba-tiba menjadi gila dan siap menjadi penghuni Riau 11. Bukan, bukan itu masalahnya. Dia tidak gila dan dia juga bukan terserang virus yang mematikan. Dia hanya sedang tergila-gila dengan sebuah jaringan sosial yang disediakan di internet. Jaringan sosial ini memiliki logo burung berwarna biru dan dikenal dengan sebutan Twitter.
Itulah alasan mengapa Debby bisa tiba-tiba tertawa sendiri atau tiba-tiba cemberut. Bukan karena dia gila, tapi karena dia sedang keasyikan menghayati tweet yang sedang dibacanya. Atau mungkin karena tidak ada balasan dari mention yang dia kirimkan kepada temannya sehingga membuat ia kesal dan marah-marah.
“Debby, makan.” Teriak mama dari ruang makan.
            Karena sedang keasyikan membaca tweet yang dibuat oleh orang-orang yang diikutinya (a.k.a folowing) membuat Debby tidak mendengar panggilan mamanya.
“Debby…” Panggil mamanya lagi.
            Karena khawatir, mamanya segera mendatangi Debby yang ternyata sedang asyik mengetik di androidnya.
“Ya ampun ternyata kamu sedang main handphone. Mama kira kamu sedang melakukan apa.” Lanjut mama, “lagi main game apa sih sampai tidak mendengar panggilan mama ?”
“Bukan main game, ma. Aku sedang twitteran.” Ucap Debby.
“Ya sudah sekarang kita makan dulu.” Ucap mama.
“Oke ma.” Ucap Debby mengikuti mamanya sambil tetap membawa androidnya.
“Ya ampun Deb. Handphone ga perlu dibawa. Toh kamu ga akan makan handphone kan. Sudah simpan dulu.”
“Ya, ma. Tunggu sebentar.” Debby segera mengetik.
D366y : “Mamam duyu ah. Uda lapar.”
***

Keesokan harinya setelah selesai kebaktian…
Tasha12 : @D366y kita ke IP yu…
D366y : yu ya yu RT @Tasha12 : @D366y kita ke IP yu…
D366y : “On The Way Istana Plaza. Have fun duyu ah cama @Tasha12.”
            Debby dan Tasha segera mencari kursi kosong yang ada di food court, maklum hari minggu food court selalu dipenuhi oleh pengunjung. Setelah mereka mendapatkan tempat, mereka segera memesan makanan.
Tasha12 :  “Lama banget cih masaknya. Laper nih. Bener ga @D366y ?”
D366y : Rituit bangeddd RT @Tasha12 : Lama banget sih masaknya. Laper nih. Bener ga @D366y ?
***

D366y : folback gw dong @74m35 hihihi…
D366y : @74m35 follback dwonk..
D366y : yah ga dianggap deh sama dia. Sebel deh…
D366y : Nyebelin banget sih tuh orang @$%#$#%#%#%#%#
D366y : Kalau ga mau folback ya uda aja gapapa.. ga penting juga kali… @#^$*#*#*#
D366y : ah pokoknya jadi b3t3 deh…
D366y : Dasar mentang-mentang cakep.. Hih, cakep apanya.. gw unfollow sekarang juga. @#$%#$###
D366y : G.A.L.A.U
***

Keesokan harinya di sekolah…
“Wah, ga di folback sama james ya, Deb.” Tanya Rita yang tiba-tiba menghampiri Debby
“Kok tau ?”
“Ya baca dari twitter loe dong. Kasian banget sih loe.” Lanjut Rita, “Gw mah malah James dulu yang follow gw. “
“Gw kasih loe nasihat, udah deh nyerah aja. James ga suka sama loe, makanya dia ga mau follow loe. Hihihi.. bye..” Ucap Rita sambil pergi meninggal Debby dengan muka yang kusut.
***

            Kesel banget deh, Ucap Debby dalam hatinya. Ngapain sih Rita ikut campur urusan pribadi gw sampe pake kasih nasihat segala lagi. Bete deh. Lagian ngapain sih dia pake baca twitter gw segala. Ups, gw lupa twitter kan media sosial. Yang bisa dibaca sama siapa aja dong. Debby merenung dan berpikir, dipikir-pikir salah gw juga sih yang bikin tweet yang pada akhirnya mempermalukan diri gw sendiri. Lagian kalau dipikir-pikir ngapain juga gw kasih tau urusan pribadi gw di twitter. Debby segera membuka twitternya dan membaca ulang kembali tweet yang sudah dibuatnya. Uda malu, ga jadi berkat lagi. Mana kata-katanya ga sopan. Gw kan anak Tuhan masa gw ngelakuin kaya gini sih. Oh, Tuhan ampuni aku yang uda ga jadi berkat lewat tweetku.
***

Status atau tweet yang kita buat di dunia maya sama dampaknya seperti perkataan yang kita katakan di dunia nyata. Lewat status atau tweet yang kamu buat, itu bisa menjadi berkat atau menjadi batu sandungan bagi orang lain. So, gunakanlah setiap media sosial yang kamu ikuti dengan bijaksana.

Dipublikasikan di Wave Newsletter Bulletin 5th Edition

2 comments:

Lasma Manullang said...

Hehehhe, like this. Simpel, tapi bener :D

Lucy_1188 said...

:D semoga memberkati